Al-Khoirot Institute of Islamic Studies, Malang, ID. WA: 0822-2667-4747

   

Mendidik Anak Hidup Sederhana ala Menkes Budi Gunadi

Membiasakan anak untuk hidup sederhana itu sangatlah penting. Terutama bagi keluarga yang hidup berkecukupan. Sebab, dalam kesederhanaan terdapat nilai-nilai kebaikan yang tak ternilai banyaknya.

Menkes Budi Gunadi ternyata salah satu dari kalangan elite yang membiasakan hidup sederhana pada ketiga anaknya.

Baca juga: Hidup sederhaan sebagai pilihan

Berikut penuturannya pada Mary Riana seperti diliput liputan6.

Budi Gunadi Sadikin mengaku menjalani hidup sederhana yang diterapkan pada ketiga anaknya. Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam wawancara dengan Merry Riana di kanal YouTube Merry Riana, pada Senin, 1 Januari2024.

Meski menjabat sebagai Menteri, Budi tidak membiasakan putra-putrinya untuk hidup bermewah-mewahan. Ia menceritakan semasa menjadi Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, ia tak pernah memberikan fasilitas kendaraan pribadi untuk ketiga anaknya.

“Anak saya di Bandung (dulu). Anak saya nggak saya kasih mobil. Jadi kemana-mana pakai angkot, yang laki yang perempuan sama semua,” ujarnya. “Itu kalau direktur-direktur BUMN yang lain udah kasih mobil. Kalau mereka pulang dijemput, kalau anak saya pulang ya pakai kendaraan umum,” sambungnya.

Mantan Wakil Menteri BUMN itu juga mengungkapkan mendidik putra dan putrinya agar tak berorientasi kepada uang sejak dini. “Jadi memang sudah sejak dini didikannya hidup itu is not everything about money. Gimana caranya kita bisa memanfaatkan uang itu untuk hal lain yang lebih penting, supaya mereka nggak selalu semuanya ngejar materi,” tuturnya.

Bahkan ketika liburan, keluarga Menkes Budi lebih memilih kelas ekonomi. Bukan tidak mampu, tapi dia memandang membeli yang lebih mahal adalah hal yang mubazir.

“Kita kalau liburan juga naik ekonomi juga. Saya bilang ngapain, mendingan uangnya dipake belanja kek pake makan enak atau kasih sumbangan ke yatim piatu, lebih bermanfaat daripada beli yang mahal-mahal,” terang pria berusia 59 tahun itu.

***

Beberapa komentar di Youtubenya Mary Riana dari orang yang tampaknya mengenal keluarga mantan dirut Bank Mandiri ini ternyata membenarkan pernyataan sang menteri.

Yulinnus mengatakan:

Saya mengenal sangat baik Kelg Bpk Budi, saya melihat sendiri bgmn mrk sbg Kelg yg sangat berkecukupan bisa mendidik anak2nya dng agama, adab, etika yg luar biasa baik.
Mereka semua memang orang2 yg humble.
Salut.

Julianakilanmasse memuji cara Pak Budi mendidik anak:

Ini bapa didikannya luar biasa❤
Mengajarkan anak-anaknya tentang bagaimana cara hidup yang sesungguhnya di dunia ini dengan hidup cukup apa adanya bersyukur karena hidup ini memang anugerah Tuhan yang hanya sementara saja di dunia ini ❤
Karena bisa berbagi kepada orang lain yang sangat membutuhkan adalah perbuatan mulia yang mendatangkan kebahagiaan tersendiri pada pribadi kita juga❤
Sukses selalu bapa menteri kesehatan Indonesia bersama keluarga ❤

Totpaid, komentator lain, mengisahkan ayah menkes yang ternyata seorang pendidik:

Bapaknya pak Gunadi seorang pendidik mencetak 1000 doktor s3 di bidang pertanian selama 10 tahun dari tahun 1973 sampai 1974 BUAT INDONESIA DAPAT PENGHARGAAN FAO TAHUN 1984 SALAM DARI WARGA GARUT

Baca juga: Kerja Keras dan Hidup Sederhana Kunci Hidup Bahagia

Scroll to top